Sabtu, 20 Maret 2010

Foto Dada (chest x-ray)


Apa yang dimaksud dengan chest x-ray ?

Chest x-ray adalah yang paling sering dilakukan pada pemeriksaa diagnostik sinar-x. Chest x-ray memperlihatkan gambaran dari jantung, paru-paru, saluran udara, pembuluh darah dan tulang belakang dan tulang iga.


Apa tujuan dilakukan chest x-ray ?

Chest x-ray dilakukan untuk mengevaluasi paru-paru, jantung, dan dinding dada. Seseorang dilakukan pemeriksaan chest x-ray untuk mendiagnosa gejala seperti : sesak nafas, batuk berat, batuk yang terus menerus, nyeri dada atau cidera, demam, dll. Dokter menggunakan pemeriksaan ini untuk membantu diagnosa atau perawatan untuk memantau kondisi seperti ; radang paru-paru, gagal jantung dan masalah jantung lainnya, emphysema, kanker paru dan kondisi medis lainnya.

Apa persiapan saya pada pemeriksaan chest x-ray ?

Chest x-ray tidak memerlukan persiapan khusus, anda mungkin akan diminta untuk melepaskan sebagian atau semua pakaian anda atau mengganti pakaian anda dengan pakaian yang telah dipersiapkan di bagian radiologi. Anda juga akan diminta untuk melepaskan perhiasan anda, seperti kalung dan benda logam yang mengganggu gambaran sinar-x. Wanita yang dalam keadaan hamil harus memberi tahu dokter atau petugas radiologi sebelum dilakukannya pemeriksaan ini. Jika memang chest x-ray harus dilakukan pada anda yang sedang hamil, maka petugas radiologi akan meminimalisir paparan radiasi ke janin anda.

Seperti apa peralatan chest x-ray ?

Peralatan yang biasa digunakan adalah pesawat x-ray dengan bucky stand atau stand casette, dimana kaset diletakkan di dalam bucky stand atau dilekatkan pada stand casette. setiap 1 kaset berisi 1 lembar film rontgen dan tabung rontgen biasanya diposisikan sekitar 150 cm jauhnya dari kaset. Peralatan juga dapat diatur dengan tabung x-ray tergantung diatas meja dan kaset diletakkan dibawah meja atau punggung dada anda. Ada juga jenis pesawat x-ray portabel, dimana biasanya digunakan untuk pasien gawat darurat. Pesawat x-ray portabel ini memiliki tabung x-ray yang terhubung ke lengan yang fleksibel yang diperpanjang ke atas pasien, sementara kaset diletakkan di punggung pasien. 

Bagaimana kerja sinar-x ?

Sebuah tabung sinar-x memancarkan sinar yang menembus tubuh hingga terekam pada film rontgen yang berada didalam kaset. Berbagai bagian dari tubuh menyerap sinar-x dalam beberapa tingkatan, tulang padat menyerap banyak radiasi daripada jaringan lunak seperti otot, lemak dan organ, akibatnya tulang tampak putih di film rotgen, jaringan lunak tampak dalam nuansa abu-abu, dan udara tampak hitam.

Bagaimana posisi tubuh saya dalam pemeriksaan chest x-ray ?

Ada dua posisi tubuh anda dalam pemeriksaan ini, anda berdiri dengan menghadap atau membelakangi tabung sinar-x dan anda tidur diatas meja/tempat tidur dengan menghadap tabung sinar-x. Untuk posisi berdiri, petugas akan meminta anda untuk menempelkan dada/punggung anda pada kaset dengan posisi  lengan tangan terangkat dan berada di pinggul. Sedangkan untuk posisi tidur, anda akan diposisikan tidur diatas meja atau tempat tidur dengan lengan sejajar bahu. Anda harus mengikuti intruksi dari petugas  yaitu menarik nafas dan menahannya. selama intruksi tersebut anda diharapkan diam dan menahan posisi anda beberapa detik untuk mengurangi kemungkinan gambar buram.

Bagaimana saya bisa mengetahui hasil chest x-ray saya ?

Dokter spesialis radiologi atau dokter yang secara khusus terlatih untuk mengawasi dan menginterpretasikan hasil rontgen, akan menganalisis gambar dan mengirim laporannya kepada dokter anda. dokter  anda akan menjelaskan hasil chest x-ray kepada anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar